Rabu, 24 Juni 2015

Daerah ku




Sampang Kota Bahari,,





Sampang merupakan salah satu kota di Madura. Sampang terletak diantara kota Bangkalan dan kota Pamekasan. Kota Sampang dibagi menyadi 14 Kecamatan dan 180 desa 6 kelurahan. Masyarakat Kabupaten Sampang memiliki pekerjaan yang bermacam-macam. Sebagian besar menjadi TKI di Malaysia,Jeddah, Arab Saudi, dan Thailand. Untuk masyarakat Sampang Sendiri ada yang berprofesi sebagai Petani, Pedagang sapi, pedagang polowijo, pertukangan, perbengkelan, wiraswasta, pegawai negeri dan swasta. Hampir di setiap kecamatan di Kabupaten Sampang telah tersedia layanan umum seperti Bank BNI, Bank BRI, Bank Jatim, Bank Muamalat, Bank Mandiri dan Bank BCA, Indomaret,Alfamaret, dan di Kota Sampang terdapat banyak sekali Hotel-hotel yang sangat nyaman untuk beristirahat.






Kalau masalah budaya, Sampang sendiri juga memiliki beberapa objek wisata dan situs-situs penting seperti. Yang termasuk situs – situs penting yang ada di Sampang antara lain Situs Rato Ebhu, Situs Para Buju' (orang terdahulu yang memiliki kesaktian dan kealiman). Selain situs-situs tersebut, Kabupaten Sampang juga memiliki obyek wisata yang sangat indah seperti Pantai Nepa yang terdapat di Kecamatan Banyuates. Bendungan terdapat di Kecamatan Banyuates. Air Terjun Toroan terdapat di Kecamatan Ketapang. Bendungan Klampis dan Pantai Camplong.



Sampang juga memiliki wisata kuliner yang tak kalah enak dan cukup terkenal untuk kita coba. Makanan yang wajib kalian coba kalau berkunjung ke Sampang adalah sate. Sate di Sampang banyak macamnya, ada sate daging kambing, sate daging sapi dan sate daging ayam. Selain sate, ada juga soto, lontong lodeh, ayam/bebek songkem,dll. Sampang juga punya jajanan tradisional khas sampang antara lain jajan calbikal, ketempah, kolpang,dll. 



 

Sampang juga terkenal dengan budayanya yang menarik. Kebudayaan yang terkenal adalah Atraksi Keraban Sapi, dan Kontes Sapi Sonok. Sapi Sonok sendiri yakni dua sapi betina yang dihiasi dan dipercantik sedemikian rupa untuk dilombakan. “Kontes Sapi Sonok” tersebut diadakan sebagai upaya untuk lebih memperkenalkan tradisi Sapi Sonok ke masyarakat luas, umumnya masyarakat yang berada di luar pulau Madura.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar